Rabu, 14 Desember 2011

FOTO KEGIATAN KKKS "CERDAS" WANASARI-BREBES





















PROFIL K3S "CERDAS" WANASARI-BREBES

Alamat Kantor :
Jl. Raya Klampok
(Komplek UPTD Pendidikan Wanasari - Brebes  -
Jawa Tengah 522253) - HP: 0857 2500 4561
E-MAIL :
WEBSITE :

SUSUNAN PENGURUS KKKS "CERDAS" PERIODE 2010-2012

SUSUNAN PENASEHAT/ PEMBINA TEKNIS

PAMUNGKAS K3S

  1. Simpulan
Beranjak pada kesadaran dan keinginan unuk meningkatan kualitas sumbe daya manusia khususnya kualitas professional Kepala sekolah Dasar, yang pada gilirannya bermuara pada upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar, sehinga keberadaan dan peranan KKKS Bermutu akan menghasilkan sumber daya manusiaa yang berkualitas.

  1. Rekomendasi
Untukmenngkatkan pelaksanaan kegiatan program KKKS Bermutu, maka disarankan :
a.       Pada jajaran Instansi terkait untuk secara kosisten dalam merealisasi pelaksanaan Program Bermutu.
b.      Bagi Kepala Sekolah peserta program tersebut perlu berbenah diri untuk meningkatkan profesionalisme dalam meningkatkan kinerjanya.

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN KKKS PROGRAM BERMUTU MITRA KABUPATEN BREBES


RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN KKKS
PROGRAM BERMUTU MITRA KABUPATEN BREBES

 
A.    Strategi dan  Metode Pelaksanaan KKKS Program Bermutu
a.       Pendekatan dalam Model KKKS Program Bermutu
1.      Proses belajar terstruktur dan mandiri di KKKS Program Bermutu selama 16 minggu, 6 X tatap muka dengan dosen LPTK dan 9 X tatap muka dengan pemandu atau Tutor Daerah dan 1 kali dengan Nara Sumber dari Widya Iswara.
2.      Dirancang untuk menggunakan semua paket pembelajaran yang sudah ada dan sudah dikembangkan oleh Pemerintah maupun Lembaga Donor (Lesson Study  approach, CLCC, DBE2, NTTPEP, MBE, UT, HYLITE, dll.) secara terintegrasi untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah.
3.      Diwadahi oleh website sebagai tempat repositori materi berbentuk digital dan forum diskusi virtual antar Kepala Sekolah, dan dengan tutor/Kepala Sekolah pamong
b.      Model Belajar KKKS Program Bermutu
1.      Model belajar bagi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya secara kolaboratif melalui kajian pembelajaran yang komprehensif dan berkelanjutan menuju terciptanya komunitas belajar.
2.      Model penerapan penelitian tindakan sekolah oleh Kepala Sekolah yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah atau perbaikan pembelajaran.
3.      Dimulai dari kajian pembelajaran, identifikasi masalah, penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, pengumpulan dan analisis data, refleksi dan tindak lanjut, serta pelaporannya
c.       Metode Pelaksanaan KKKS Program Bermutu
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tugas terstruktur
4.      Tugas mandiri
5.      Brainstorming
B.     Materi Kegiatan
Hal- hal yang sangat mendesak dan segera dicarikan pemecahan masalah antara lain mencakup materi :
a.       Bidang Kurikulum
1.      Pengembangan KTSP
2.      Pengembangan Model Pembalajaran
3.      Pengembangan Media Pembalajaran
4.      Pelatihan Induksi Guru
5.      Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)
b.      Bidang Keilmuan
1.      Penilaian Berbasis Kelas
2.      Pelatihan MBS
3.      Case Study, Kajian Teoritis,Lesson Study
4.      Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah/ Supervisi Klinis.
c.       Bidang Penelitian di Sekolah
1.      ICT, PTK, PTS
2.      On-Service ke Gugus
3.      Srudy Visit/ Best Pactice
4.      Pengembangan Keprofesian Berjelanjutan (PKB)
C.    Peserta
Peserta berasal dari 56 Kepala Sekolah yang berasal dari 4 KKG reguler dengan jumlah masing-masing KKG 11 Sekolah dasar dan 1 KKG berisi 12 Sekolah Dasar.

D.    Nara Sumber/ Instruktur/ Kepala Sekolah Pamong
Diambil dari nara sumber / instruktur / Kepala Sekolah pamong sesuai dengan kepakarannya dan memenuhi syarat- syarat di bawah ini :
a.       Kepala Sekolah pamong yang mengikuti TOT di LPMP
b.      Pengawas TK/SD yang kompeten dalam Program Bermutu
c.       Widyaiswara LPMP
d.      Dosen LPTK
e.       Pemandu Minimal berijasah Strata 1 atau Diploma IV berakta

 E.     Tempat Kegiatan
Tempat pelaksanaan KKKS Program Bermutu UPTD Pendidikan Kecamatan Wanasari di SD Negeri Klampok 01 Sekolah Inti di salah satu Gugus KKG di Kecamatan Wanasari.

F.    Rencana Monitoring dan Evaluasi
Rencana monitoring dan evaluasi dilaksanakan sejak persiapan, saat pelaksanaan kegiatan dan pada akhir program

H.    Rencana Pelaporan
Rencana pelaporan dilaksanakan pada saat awal kegiatan, dilanjutkan pada laporan bulanan dan dirangkum dalam laporan tengah tahun serta pelaporan keseluruhan kegiatan pada akhir tahun.

Selasa, 13 Desember 2011

PELAKSANAAN PROGRAM DALAM SATU TAHUN TERAKHIR


DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM
DALAM SATU TAHUN TERAKHIR

A. Identifikasi Program
Pelaksanaan Program dan Kegiatan KKKS Kecamatan Wanasari, selama 1 tahun terakhir melaksanakan kegiatan KKKS melalui pembinaan secara terus menerus.
Program Kegiatan KKKS Kecamatan Wanasari yang telah dilaksanakan sebagai berikut :

·         Program 1     :     Identifikasi masalah pengelolaan dan kepemimpinan sekolah yang dihadapi.
      Tujuan          :     Mengidentifikasi masalah kinerja dan tugas Kepala Sekolah.
      Hasil Kerja   :     Identifikasi tugas dan kinerja Kepala Sekolah.
·        
      Program 2     :     Pengelolaan managemen Kepala Sekolah.
      Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun dan mengelola program sekolah.
      Hasil Kerja   :     Tersusunnya program sekolah jangka pendek.
·          
      Program 3     :     Pendalaman kemampuan Kepala Sekolah sebagai educator.
      Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam bidang educator.
      Hasil Kerja   :     Meningkatnya kemampuan Kepala Sekolah dalam membimbing, mengembangkan dan memberi contoh yang baik serta tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mapel yang diampu.
·          
      Program 4     :     Pengelolaan administrasi sekolah.
      Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam mengelola administrasi.
      Hasil Kerja   :     Tersusunnya bentuk administrasi keuangan sekolah.
·          
      Program 5     :     Pengelolaan administrasi sekolah.
      Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam mengelola administrasi.
      Hasil Kerja   :     Tersusunnya bentuk administrasi inventaris barang.
·          
      Program 6     :     Penyusunan program supervisi.
      Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah sebagai supervisor.
      Hasil Kerja   :     Tersusunnya program supervisi.
·          
      Program 7     :     Pengembangan visi dan misi sekolah.
      Tujuan          :     Mengembangkan kemampuan dalam menyusun visi dan misi sekolah.
      Hasil Kerja   :     Tersusunnya kriteria penyusunan visi dan misi sekolah.
·          
      Program 8     :     Penerapan inovasi program sekolah.
      Tujuan          :     Menerapkan gagasan-gagasan baru dalam pengembangan program sekolah.
      Hasil Kerja   :     Mampu menerapkan gagasan-gagasan baru dalam mengembangkan program sekolah.
·          
      Program 9     :     Kemampuan Kepala sekolah sebagai motivator.
Tujuan          :     Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun program penghargaan dan sangsi bagi guru.
                                 Tersusunnya SK Kepala Sekolah tentang pemberian penghargaan guru berprestasi.
      Hasil Kerja   :     penghargaan guru berprestasi.
·         
       Program 10   :     Seminar hasil desiminasi kegiatan pemberdayaan KKKS tingkat KecamatanW anasari.
      Tujuan          :     Meningkatkan kwalitas sumber daya manusia Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
      Hasil Kerja   :     Terlaksananya system pembinaan professional yang merata.

B.  Kwalitas Program
Dari hasil identifikasi/ temuan di lapangan serta telah dianalisa menurut skala prioritas untuk segera diusahakan pemecahan masalah antara lain :
1.     Pengelolaan dan kepemimpinan sekolah yang dihadapi.
2.     Pengelolaan manajemen Kepala Sekolah
3.     Pendalaman kemampuan Kepala Sekolah sebagai educator.
4.     Kemampuan Kepala Sekolah dalam membimbing tersusunnya rancana pelaksanaan pembelajaran.
5.     Pengelolaan Administrasi Sekolah
6.     Penyusunan program supervisi
7.     Pengembangan visi dan misi sekolah
8.      Penerapan Inovasi Program Sekolah
9.      Kemampuan Kepala Sekolah sebagai motivator.
C.  Strategi dan Metode Pelaksanaan 
      Strategi dan metode pelaksanaan program dalam kegiatan KKKS antara lain dengan menggunakan :
a.       Strategi Pembelajaran
v  Dilaksanakan dengan sistem  Kelompok Kerja Kepala Sekolah.
v  Dilanjutkan / ada pertemuan  seluruh KKKS sharing dan menerima informasi pendidikan dari pamong kepala sekolah, LPTK dan Widyaswara
b.      Metode Pembelajaran
v  Metode Diskusi
v  Metode Pemberian Tugas
v  Metode Pemecahan Masalah
D.    Frequensi Kegiatan per tahun
Rencana pelaksanaan kegiatan KKKS dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan
E.     Keterlibatan Peserta/ Kelompok Kerja
KKKS  CERDAS  Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes diikuti 56 Kepala Sekolah yang berpangkalan pada 5 Gugus  Kelompok Kerja Guru di Wanasari.
F.     Sumber Dana
Biaya pelaksanaan KKKS Cerdas berasal dari APBD, dan sumber dana yang tidak mengikat.